Sabtu, 14 Februari 2015

Elemen-Elemen Musik


1.    Organ
Alat atau instrumen atau media yang digunakan sebagai sumber bunyi. Organ dalam musik tidak terbatas pada organ-organ konvensional yang dikenal, tetapi apa saja yang digunakan dalam rangka mengeluarkan bunyi.

2.    Ritme
Ritme adalah interaksi durasi (nilai waktu) dari setiap bunyi termasuk dalam hal ini durasi antara bunyi dengan saat diam.

3.    Tempo
Tempo adalah kecepatan bergerak, dalam hal ini berhubungan dengan nilai nada atau lamanya waktu bunyi berbunyi, termasuk lamanya waktu diam berlangsung. Tempo juga berarti kecepatan atau lamanya satu musik berlangsung.
Istilah tempo biasanya ditulis dalam bahasa Italia.Istilah tempo utama ada5 :
·      largo/lento                        : Tempo lambatsekali
·      Adagio                               : Tempo lambat
·      Andante/ModLerato         : Tempo sedang
·      Allegro                              : Tempo cepat
·      Vivace/Presto                    : Tempo cepatsekali
Selain istilah tempo utama, kadang seorang pencipta lagu melakukan pengubahan atau penambahan dengan istilah lain dengan akhiran tertentu. Caranya:
·      Menambah istilah lain, contoh:
……… con maestoso   : dengan agung
……… con amore        : dengan penuh cinta
·      Menambah akhiran “etto” yang berarti agak dan “issimo” yang berarti sangat. Contoh: allegro=cepat, allegretto=agak cepat, allegrissimo= sangat cepat.

4.   Bunyi
Bunyi adalah sesuatu yang didengar, yang keluar dari satu atau lebih organ yang digetarkan. Bunyi yang dimaksud baik yang bersifat nada maupun non nada; baik yang bersifat frekuensif maupun amplitudis.
5.    Style
Style dalam musik adalah gaya dari satu atau lebih (satu bunyi hasil kombinasi beberapa bunyi) bunyi yang termasuk karakter atau sifat bunyi tersebut. Dalam hal ini amat banyak dipengaruhi oleh teknik membunyikannya. Hal ini sangat berhubungan juga dengan dinamika.

6.    Teknik
Teknik adalah cara mengekspresikan sebuah bunyi. Hal ini sangat terkait dengan dinamika dan style.

7.    Dinamika
Dinamika adalah sebenarnya atau pada hakikatnya segala hal yang dibuat untuk memberi jiwa pada satu bunyi, namun kenyataan secara umum pengertian dinamika lebih banyak diasosiasikan pada kuat lemahnya atau keras lembutnya satu bunyi. Yang termasuk dalam objek penelitian elemen ini antara lain hal-hal yang menyangkut volume atau atau dinamika proses, tetapi juga dinamika register termasuk ekspresi-ekspresi lain yang dengan jelas memberikan bentuk/karakter pada satu bunyi.
Perubahan keras-lembutnya bunyi dalam sebuah lagu. Dibagi atas :
·      Kelompok dinamika lembut
p               = piano                        : lembut
pp             = pianissimo                : sangat lembut
ppp          = pianissimo assai       : amat sangat lembut
mp            = mezzo piano                        : agak lembut
pf              = piano forte               : dimulai dengan lembut kemudian mengeras
·      Kelompok Dinamika Keras :
F               = Forte                         : keras
Ff              = Fortissimo                 : sangat keras
Fff             = Fortissimo assai        : amat sangat keras
Mf            = Mezzo forte              : agak keras
 Pf             = Forte piano               : dimulai dengan keras kemudian melembut
·      Tanda perubahan dinamika
Crescendo (cresc)                        : makin keras
Decrescendo (decresc)                 : makin lembut
Mezza di voce                              : mengeras kemudian melembut
Diminuendo (dim)                       : makin lembut

8.    Interval
Interval adalah jarak antara bunyi yang satu dengan bunyi yang lain, yang dalam hal ini dimaksudkan untuk interval antar bunyi vertikal maupun antar bunyi secara horisontal.

9.    Aksentuasi
Yang dimaksud dengan aksentuasi adalah penekanan yang dalam hal ini memiliki kaitan dengan intensitas, bahkan kualitas dari satu bunyi termasuk style, dinamika, teknik dan ritme.

10.Harmoni
Harmoni adalah keselarasan yang ditimbulkan akibat interaksi bunyi-bunyi termasuk antara bunyi dengan yang bukan bunyi. Biasanya kriteria keselarasan tergantung dari sistem yang digunakan dan konsep musik apa yang dibuat.

11.Tekstur
Tekstur adalah interaksi gerakan-gerakan bunyi yang secara fisik dapat dilihat dalam interaksi melodi atau bunyi musikal. Dalam hal tertentu bisa juga dikatakan sebagai bentuk fisiknya harmoni.

12.Figur
Yang dimaksudkan dengan figur adalah kelompok nada terkecil (minimal dua bunyi yang sudah mengandungi unsur karakter bunyi dan karakter waktu).

13.Motif
Motif adalah sekelompok nada (bisa juga bunyi) yang telah memiliki karakter tertentu serta membawa ide atau kesan tertentu. Pengertian umum adalah sekelompok nada atau bunyi yang menjadi penggerak dari sebuah lagu atau rangkaian nada yang telah menjadi tema. Apabila figur telah berperan sebagai tema, maka disebut motif.

14.Form
Form adalah kesatuan bentuk musikal yang terdiri dari struktur-struktur. Dalam musik dikenal dengan form of music dan form in music. Yang dimaksud dengan form of music adalah bentuk fisik dari karya musik yang dapat dilihat secara fisik dalam partitur, sedangkan form in music adalah kesatuan bentuk musikal yang ditangkap dari pendengaran. Sering bentuk ini disebut bentuk psikis atau bentuk batin dari satu karya musik.

15.Ornamen
Ornamen adalah hiasan-hiasan yang diberikan pada satu bunyi atau kelompok nada atau bunyi yang merupakan hiasan dari satu nada. Ornamen ini sangat berhubungan dengan style, figur, motif dan teks serta status-status nada. Dalam buku-buku analisis musik Barat, elemen ornamen ini terkadang dianggap sebagai elemen tambahan, namun dalam penelitian musik-musik Etnik, elemen ornamen mendapat perhatian yang cukup besar, sebab ornamen bagi musik-musik Etnik sering bukan sekadar hiasan, tetapi juga merupakan elemen penunjuk identitas, baik identitas pribadi seniman, identitas masa, maupun identitas wilayah atau daerah, bahkan identitas budaya.

16.Tangga Nada
       Yang dimaksud dengan tangga nada adalah nada-nada atau susunan nada yang terdiri dari nada terendah hingga nada yang tertinggi yang disusun secara bertahap, yang membentuk satu kesatuan nada-nada yang digunakan dalam satu komposisi. Biasanya,   rangkaian nada-nada ini membawa karakter atau sifat bunyi tertentu.

17.Ekspresi
    Merupakan  sifat/jiwa sebuah lagu, diantaranya :


·         Marcia : iramaberbaris
·         Maestozo : mulia /agung
·         Dolorosa :sedih
·         Briliante : gemilang
·         Assai : denganramai
·         Amabile : mesra
·         Con Brio : denganhidup
·         Conspirito: dengan semangat
·         Dolce : merdu
·         Religioso : hidmat/hormat



18.       Birama
Adalah Suatu tanda untuk menunjukkan jumlah ketukan dalam 1 birama.Antara birama satu dengan yang birama lainnya dipisahkan oleh garis vertikal yang disebut garis birama.
Ada 2 jenis birama utama yaitu birama perduaan dan pertigaan yang dapat diperinci menjadi :
a)      Biramaperduaanbersahaja : Birama 2/4 1dan 2/8
b)      Biramaperduaanbertingkat : Birama 4/4,8/4,4/8,8/8
c)      Biramapertigaanbersahaja : Birama ¾ dan 3/8  
d)      Biramapertigaanbertingkat : Birama 6/4,6/8,9/4,9/8

19.       Tangga nada
Yaitu: Urutan nada yang disusun secara berjenjang,dibagi menjadi 2 :
Tangga nada mayor : Tangga nada yang berjarak 1 1 ½ 1 1 1 ½
Tangga nada minor
Minor Diatonis
1.      Tangga nada minor asli : Tangga nada yang belummengalamiperubahan
2.      Tangga nada minor harmonis : Setiapurutan nada ke-7 dinaikkan ½ nada/laras
3.      Tangga nada minor melodis : Setiapurutan nada ke-6 dan ke-7 dinaikkan ½ nada/laras
 Tangga nada Pentatonis : Susunan nada yang terdiridari 5 nada

20.     Irama / ritme
Pengertian irama/ritme secara sederhana adalah perulangan bunyi-bunyian menurut pola tertentu dalam sebuah lagu. Perulangan bunyi-bunyian ini juga menimbulkan keindahan dan membuat sebuah lagu menjadi enak didengar. Irama juga dapat disebut sebagai gerakan berturut secara teratur. Irama keluar dari perasaan seseorang sehubungan dengan apa yang dia rasakan.

21.     Melodi
Adalah rangkaian sejumlah nada yang ditanggapi berdasarkan perbedaan tinggi rendah atau naik turunnya. Melodi adalah susunan nada yang diatur tinggi rendahnya, pola, dan harga nada sehingga menjadi kalimat lagu. Melodi merupakan elemen musik yang terdiri dari pergantian berbagai suara yang menjadi satu kesatuan, di antaranya adalah satu kesatuan suara dengan penekanan yang berbeda, intonasi dan durasi yang hal ini akan menciptakan sebuah musik yang enak didengar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar